ASSALAMUALAIKUM. . .WELCOME TO MY BLOG :)

Rabu, 11 April 2012

Sekilas Tentang Jamur Merang


Jamur merang memiliki nama latin volavariella volvacea atau agaricus volvacea, merupakan salah satu spesies jamur pangan yang banyak dibudidayakan di Asia Timur dan Asia Tenggara yang beriklim tropis atau subtropics. Sebutan jamur merang berasal dari bahasa Tionggoa, yaitu caogu.
            Tubuh buah yang masih muda berbentuk bulat telur, berwarna cokelat gelap hingga abu-abu dan dilindungi selubung. Pada tubuh buah jamur merang dewasa, tudung berkembang seperti cawan berwarna cokelat tua keabu-abuan dengan bagian batang berwarna cokelat muda.
            Kandungan protein jamur cukup tinggi. Dalam 100 gram jamur segar terkandung sekitar 3,2 gram protein. Jumlah ini akan bertambah menjadi 16 gram jika jamur berada dalam keadaan kering.
            Jamur juga memiliki kandungan kalsium dan fosfor cukup tinggi, sekitar 51 miligram dan 223 miligram. Selain itu mengandung 105 kilojoule kalori dengan kandungan lemak tendah 0,9 gram. Jamur merang juga kaya vitamin B, C, mineral dan beberapa jenis asam amino.

Perlu diperhatikan untuk kumbung (rumah jamur)
·         Buat sistem rak dengan tinggi rak sekitar 60 cm dengan lebar sekitar 90 cm dan jumlah tingkat 5 buah.
·         Beri ruang sekitar 80 cm untuk gang atau orang berjalan lebar.
·         Bagian bawah tiang-tiang utama (bamboo) kontruksi diletakkan diatas pondasi setempat dan samping bangunan ditutup pakai pasangan bata agar tidak ada binatang masuk ke dalam ruangan.
·         Rak paling bawah, jarak dari tanah sekitar 20 cm-30 cm
·         Usahakan setiap membuat rumah jamur berkapasitas untuk 5000 media tanam dengan ukuran kumbung sekitar 7,00 m x 2,60 m (ukuran memanjang) bisa juga ukuran bujur sangkar, semua tergantung bentuk tanahnya.
      
      Manfaat Jamur Merang
      Jamur Merang berguna sebagai pencegah anemia/ kurang darah, kanker dan darah tinggi.
Jamur merang juga merupakan sumber dari beberapa macam enzim terutama tripsin yang berperan penting untuk membantu proses pencernaan. Jamur merang dapat juga dijadikan sebagai makanan pelindung karena kandungan vitamin B-kompleks yang lengkap termasuk riboflavin serta memiliki asam amino esensial yang cukup lengkap. 

J

Source:
1. Jawa Pos, 10 April 2012 hal 34
2. http://www.sehatalami.info/2010/04/jenis-dan-manfaat-jamur.html


Tidak ada komentar: