ASSALAMUALAIKUM. . .WELCOME TO MY BLOG :)

Selasa, 03 April 2012

Sekilas Tentang Oregano

Oregano atau Pot Marjoram (Origanum Vulgare) merupakan sebuah tanaman yang ditanam di Mediterania dan Asia Tengah dan selatan. Tanaman ini memiliki panjang 20-80 cm dengan daun yang berlawanan 1-4 cm. Oregano akan tumbuh dalam kisaran pH antara 6,0 (agak asam) dan 9,0 (sangat basa) dengan kisaran yang lebih disukai antara 6,0 dan 8,0. Bunga-bunga oregano berwarna ungu, panjangnya 3-4 mm. Tanaman ini biasanya digunakan untuk masakan Italia seperti spaghetti atau pizza, karena daunnya memiliki aroma yang khas dan hangat, walaupun rasanya yang cenderung pahit. Tanaman yang berasal dari Mediterania, Asia Tengah dan Selatan ini, biasanya dijadikan sebagai bumbu penting pada masakan Turki, Yunani, Spanyol, dan Italia. 

Selain digunakan untuk bahan tambahan masakan, ternyata oregano bermanfaat bagi kesehatan sebagai obat. Berikut adalah beberapa manfaat bervariasi dari oregano, sebagaimana dilansir Times of India, Jumat (17/2/2012).
- Daun oregano adalah sumber yang baik mengandung mangan, besi, dan vitamin A. Secara teratur mengonsumsi daun oregano segar dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.
- Timol dan senyawa carvacol yang hadir dalam oregano bermanfaat dalam membantu pencernaan dan mengobati gangguan perut. Minumlah segelas air dengan dua atau tiga tetes minyak oregano untuk mendapat bantuan tersebut.
- Oregano dikenal dapat meringankan kram saat menstruasi. Mengunyah beberapa daun oregano tiga kali sehari dapat menjadi solusi.
- Sesak nafas karena pilek ataupun masalah di paru-paru dapat diobati dengan menggunakan minyak oregano. Tambahkan beberapa tetes minyak ini ke segelas air dan minum selama sekitar tiga sampai lima hari.
- Minyak oregano mengandung sifat antibakteri dan antivirus, serta berguna untuk mengobati infeksi kulit.

Beberapa species Oregano:
1. Origanum vulgare gracile (Origanum Tyttanthum) adalah berasal dari Khirgizstan, dan memiliki daun hijau mengkilap dan bunga-bunga pink. Tumbuh baik didalam pot atau container, dan lebih sering ditanam untuk nilai tambah dari oregano hias lainnya. Rasanya pedas.
2. Origanum vulgare hirtum (Oregani Italia, oregano Yunani) adalah sumber umum dari kultivar dengan aroma yang berbeda dari Origanum vulgare gracile. Pertumbuhannya sangat kuat, daun hijau gelap, dan sedikit berbulu. Umumnya, itu dianggap sebagai subspecies terbaik dalam kuliner.
3. Origanum vulgare onites (kreta Oregano, Turki Oregano, rigani, marjoram pot) adalah oregano abadi, tumbuh sekitar 18 inci tingginya, daunnya hijau pucat keabu-abuan, dan daun bulat berbulu. Ini memiliki rasa yang kuat dan sangat pedas.
4. Origanum vulgare syriacum (Origanum maru, oregano Suriah, Lebanon Oregano, za’atar) memiliki daun yang lebih besar, warna daunnya bervariasi mulai dari hijau pucat sampai keabu-abuan. Rasanya tajam dan mirip dengan oregano Yunani.
Gambar Tanaman Oregano 

Sumber :
1. http://id.wikipedia.org/wiki/Oregano
2. http://food.detik.com/read/2011/03/11/170730/1589759/900/oregano-wangi-dan-sarat-nutrisi
3. http://health.okezone.com/read/2012/02/17/484/577447/kram-saat-haid-kunyah-daun-oregano
4. http://dapurpunyaku.blogspot.com/2011/11/oregano-oregano-itu-apa.html

Tidak ada komentar: