ASSALAMUALAIKUM. . .WELCOME TO MY BLOG :)

Senin, 02 April 2012

Sekilas Tentang Pasta


Pasta berasal dari bahasa Italia "pasta alimentare" yang berarti adonan bahan makanan. Dalam arti luas, "pasta" bisa berarti semua adonan seperti adonan roti, pastry, atau cake. Dalam bahasa Italia, pasta yang berarti bahan makanan seperti mi disebut pastasciutta. Pasta dibuat dari tepung terigu semolina yang merupakan hasil gilingan biji gandum durum dicampur telur sehingga sedikit berwarna kuning cerah, dan bila dimasak dengan benar akan menghasilkan tekstur sedikit kenyal. Pasta buatan Amerika sering dibuat dari campuran tepung terigu Farina dan Semolina, sehingga mempunyai tekstur yang lebih lembut untuk dijadikan hidangan seperti kaserol. Di Indonesia, jenis pasta yang populer misalnya spaghetti, makaroni dan lasagna.

Pasta biasanya dijual di dalam kemasan dalam bentuk kering yang dibuat di pabrik dengan menggunakan mesin ekstrusi yang mendorong keluar adonan pasta melalui lubang-lubang saringan. Bentuk-bentuk pasta yang lain diperoleh dengan menggiling adonan pasta menjadi lembaran yang kemudian dipotong-potong atau dicetak. Pasta segar buatan rumah tangga dan restoran dibentuk dengan tangan beberapa saat sebelum pasta direbus. Pasta segar memerlukan waktu masak yang singkat, namun pasta segar tidak tahan lama disimpan karena memiliki kadar air yang tinggi. Pasta kering bisa tahan lama disimpan hingga 3 tahun atau lebih karena hanya memiliki kandungan air sebanyak 10%. Pasta yang sudah dimasak dan tinggal dipanaskan dengan oven microwave juga sering dijumpai di bagian makanan beku pasar swalayan.

Makanan mirip pasta banyak dijumpai di berbagai tempat di dunia sejak zaman dulu, terutama di wilayah dengan penduduk yang menjadikan gandum dan serealia sebagai makanan utama. Gandum yang sudah digiling sering dimasak sebagai bubur atau dihaluskan menjadi tepung dan dibuat roti. Pasta kemungkinan besar merupakan alternatif dari bubur atau roti, karena pasta merupakan makanan awetan yang dibuat tanpa perlu dimasak. Di Eropa, catatan tertulis paling tua tentang makanan serupa mi ditemukan pada hiasan makam orang Etruscan di Italia Tengah yang berasal dari tahun 400 SM. Di Tiongkok, mi sudah dikenal sejak tahun 2000 SM berdasarkan hasil penggalian di situs Lajia (Tiongkok barat) yang terletak di tepi Sungai Kuning. Di bawah lapisan tanah jenis tanah loess yang tebal di situs penggalian yang sudah rusak akibat gempa bumi dan banjir ditermukan mi berwarna kuning di dalam panci tanah liat yang terbalik. Panjang mi sekitar setengah meter dengan diameter 3 milimeter. Hasil analisis menunjukkan mi dibuat dari tepung biji milet.


Jenis-jenis pasta dibedakan berdasarkan:
1.   Ukuran
Ada ratusan ukuran dan bentuk pasta. Ada yang berbentuk panjang seperti yang banyak kita kenal, atau berbentuk macaroni hingga seukuran beras. Beberapa jenis pasta juga diberi nama berdasarkan bentuknya. Pasta yang berbentuk panjang-panjang seperti mie disebut spaghetti, variasi yang lebih kurus disebut vermicelli, variasi yang panjang dan pipih seperti kwetiau disebut linguine, sedangkan versi yang agak tebal disebut fettucine.
2.   Rasa
Pasta juga dibedakan berdasarkan varian warna dan rasa yaitu:
·        Pasta hitam (pasta Nera) diwarnai dengan cumi atau tinta cumi-cumi, yang mengubahnya hitam.
·        Pasta hijau (pasta Verde) diwarnai dengan bayam.
·        Pasta Ungu (pasta Biola) diwarnai dengan tomat atau bit.
·        Pasta Merah (pasta Rossa) diwarnai dengan wortel.
·        Pasta Orange (pasta Arancione) diwarnai dengan berbagai varietas labu dan labu kuning.
·        Ada juga pasta yang dibuat dengan mencampurkan jalapeno, paprika hijau khas Meksiko hingga pasta jamur.
3.   Pasta non-terigu
Pasta ini khusus diciptakan bagi mereka yang alergi pada gluten, bahan yang ada pada terigu. Pasta buckwheat adalaha pasta yang bebas gluten. Ada juga pasta yang terbuat dari beras dan bahan non-terigu lainnya.
4.   Pasta sehat
Karena terbuat dari terigu, maka pasta umumnya mengandung karbohidrat dan memiliki indeks glikemik yang tinggi. Kini, produsen pasta membuat varian yang lebih menyehatkan, terbuat dari gandum utuh sehingga lebih diperkaya serat dan mengandung banyak vitamin dan mineral yang diperlukan tubuh.
5.   Pasta diperkaya
Pasta, kendati nantinya disajikan dengan saus dan biasanya ditambah potongan daging dan keju mozzarella, banyak yang diperkaya. Caranya, dalam adonannya ditambahkan keju, herbal, atau bahan-bahan klasik Italia lainnya. Di Italia dikenal ada pasta Agnolotti, yaitu pasta yang diperkaya dengan bahan yang disebut mezzaluna.

Nama-nama pasta berdasarkan bentuknya, yaitu:
1.   Ravioli
Adalah pasta yang bentuknya mirip pastel. Terdiri dari dua lembaran pasta yang dalamnya bisa diisi. Isinya pun bisa macam-macam, daging sapi, ayam, jamur, keju hingga olahan seafood.


2.   Lasagna

Adalah pasta yang berbentuk lembaran-lembaran yang diberi isi dan disusun-susun. Umumnya, lasagna memiliki tujuh lapis. Lasagna biasanya diisi dengan daging sapi cincang dan keju mozzarella.
 3. Fettucini

Adalah pasta yang bentuknya seperti mie gepeng, namun agak tebal. Fettucini yang paling terkenal adalah Fettucini Alfredo, yaitu fettucini yang dicampur dengan saus dan ditambah dengan udang.
 4. Gnocchi
Merupakan olahan yang terbuat dari kentang. Kentang rebus yang telah dihancurkan dibuat sebagai bahan pencampur terigu. Gnocchi umumnya disajikan dengan saus tomat.
5.   Tortelloni

Pasta yang satu ini bentuknya menyerupai pangsit isi. Umumnya, tortelloni diisi dengan keju ricotta dan daun-daunan seperti bayam. Seperti pasta pada umumnya, penyajian tortelloni biasanya disiram dengan saus tomat.
 6. Orecchiette

Pasta berukuran kecil berbentuk lingkaran gepeng seperti disc. Umumnya, berdiameter 2 cm. Orecchiette umumnya dipadukan dengan saus sayuran. Bisa ditambahkan polong-polongan dan jamur.
7.     Cannelloni

Adalah pasta berukuran kecil seperti macaroni. Namun, bentuk cannelloni menyerupai pipa kecil. Biasanya disajikan dengan saus tomat kemudian dipanggang.
8.     Cavatelli

Merupakan pasta berbentuk seperti kerang berukuran kecil. Umumnya, cavatelli diolah dengan campuran sayuran seperti brokoli dan tomat. Bisa juga ditambahkan polong-polongan.
9.   Capellini

Jika sudah familiar dengan spaghetti, maka capellini adalah bentuk pasta seperti spaghetti namun berukuran sangat tipis seperti rambut. Karena teksturnya yang sangatlembut, maka diberi nama rambut malaikat. Pasta ini disajikan dengan saus yang ringan seperti minyak zaitun atau keju.
10. Farfalle

Memiliki bentuk unik seperti dasi kupu-kupu pada tuxedo pria. Pasta ini biasanya digunakan untuk campuran salad. Bisa juga diolah dengan saus ringan seperti minyak zaitun, keju, dan mentega.

Jenis-jenis pasta diatas sebenarnya belum disebutkan semua, karena di Itali terdapat lebih dari 650 jenis pasta dan hampir setiap tahun tercipta bentuk yang baru.
Macam-macam atau bentuk-bentuk pasta beserta nama dan gambar bisa dilihat di http://www.food-info.net/uk/products/pasta/shapes.htm


Sumber : 

http://id.wikipedia.org/wiki/Pasta 
http://dapurpunyaku.blogspot.com/2011/11/mengenal-pasta-lebih-dekat.html
 


Tidak ada komentar: