ASSALAMUALAIKUM. . .WELCOME TO MY BLOG :)

Selasa, 15 Mei 2012

Sekilas Tentang Daun Semanggi

Semanggi adalah sekelompok paku air (Salviniales) dari marga Marsilea yang di Indonesia mudah ditemukan di pematang sawah atai tepi saluran irigasi. Morfologi tumbuhan marga ini khas karena bentuk entalnya yang menyerupai paying yang tersusun dari empat anak daun yang berhadapan. Akibatnya bentuk daunnya ini, nama “semanggi” dipakai untuk beberapa jenis dikotil yang tersusun daun serupa, seperti klover.

Ciri-ciri daun semanggi:
  1. Pohon  : semak menjalar atau merayap, berongga beruas-ruas, ruas yang bersentuhan dengan tanah keluar akar, warna hijau
  2. Daun    : berbentuk bulat, ujung romping, warna hijau 
  3. Bunga : kecil keluar di ketiak daun, mahkota bentuk corong, warna kuning keputihan
  4. Buah    : buni, lonjong, buah muda berwarna hijau, dan buah tua berwarna hitam

Daun tumbuhan ini (biasanya M. Crenata) biasanya dijadikan bahan makanan yang dikenal sebagai pecel semanggi, khas dari daerah Surabaya. Semanggi M. crenata diketahui mengandung fitoestrogen yang berpotensi sebagai tumbuhan bioremediasi, karena mampu menyerap logam berat Kadmium (Cd) dan Timbal (Pd). Kemampuan ini perlu diwaspadai dalam penggunaan daun semanggi sebagai bahan makanan, terutama bila daunnya diambil dari lahan tercemar logam berat.

Selain dapat dimakan, tanaman ini juga merupakan tanaman herbal. Semanggi dapat mengobati sesak napas (asma), batu saluran kencing, kencing kurang lancar, radang tenggorok, sakit kuning, amandel. Jenis semanggi merah berguna sebagai antiscrofulous, antisparmodic, pencahar, diuretic, ekspektoran, obat penenang, & tonik. Semanggi merah juga menunjukkan aktivitas antikanker, tapal obat ramuan digunakan sebagai aplikasi logal untuk pertumbuhan kanker. Selain itu juga digunakan sebagai obat alternative untuk penyakit kulit seperti eksim & psoriasis, kanker payudara, ovarium & sistem limfatik, penyakit degenerative kronis, asam urat, batuk rejan & batuk kering.

Source :

http://id/wikipedia.org/wiki/Semanggi
http://baitulherbal.com/tanaman-herbal/tanaman-herbal-semanggi/
http://tanamanherbal.info/index.php/2011/11/tanamn-daun-semanggi-merah-dan-kegunaannya/
     



Tidak ada komentar: