ASSALAMUALAIKUM. . .WELCOME TO MY BLOG :)

Minggu, 13 Mei 2012

Manfaat Peterseli


Pererseli (Petroselinum crispum) merupakan sebuah tanaman yg berwarna hijau & cocok digunakan sebagai makanan dalam bentuk biji. Tanaman ini sebagai makanan banyak mengandung zat besi. Biasanya cocok digunakan dalam bahan makanan seperti pizza & spaghetti. Digunakan sebagai minyak, akar dsb.
Peterseli bukan sekedar dekorasi hidangan atau garnish pada makanan. Tumbuhan ini merupakan herbal yg bermanfaat. Dr. Denice Moffat, ahli nutrisi dari American Naturopathic Medical Association, mengatakan, peterseli merupakan satu dari tujuh tanaman obat paling mujarab di dunia, selain jahe, oregano, kayu manis, kunyit, sage, dan bubuk cabai merah.

Dedaunan yang ditanam sejak 2.000 tahun lalu itu bisa diandalkan untuk mengatasi berbagai keluhan seperti anemia, gangguan pencernaan, liver, tekanan darah tinggi, kolesterol, ginjal, paru-paru, hormonal perempuan atau gangguan menstruasi, gangguan penglihatan, batuk, demam, dan bau mulut. Peterseli sangat kaya nutrisi. Selain tinggi zat besi, juga mengandung kalsium, protein, asam folat, betakarotin, klorofil, zat antoksidan, zat antibakteri, serta vitamin, A, B12, dan C.

Konsumsi peterseli bisa dilakukan dengan mencampurnya langsung ke dalam masakan atau sajian jus buah. Untuk terapi kesehatan, bisa juga dengan merebusnya. Jangan mengonsumsi peterseli dalam porsi berlebih karena kandungan minyaknya bersifat racun. Wanita hamil dan menyusui sebaiknya tak mengonsumsinya.

Source :
http://id.wikipedia.org/wiki/Peterseli
http://kosmo.vivanews.com/news/reas/136407-peterseli-tanaman-obat-terbaik-di-dunia

Tidak ada komentar: