ASSALAMUALAIKUM. . .WELCOME TO MY BLOG :)

Rabu, 18 April 2012

Tips Merawat Buku

Buat semua yang suka banget baca dan mengkoleksi buku, terkadang punya masalah gimana caranya merawat buku yang benar, dibawah ini ada beberapa tips merawat buku:
 
1. Wajib banget menyampulkan buku minimal pake sampul plastik transparan (kalo bisa yang anti rayap juga *yang tebel gitu) 

2. Letakkan buku di rak khusus buku, pastikan posisinya berdiri. jangan dibuat menumpuk karena membuat kertas-kertas dalam buku jadi menempel.

3. Jangan sekali-kali menjadikan buku sebagai bantal tidur atau pengganjal pintu karena akan membuat penuaan dini pada buku.

4. Untuk menjaga buku biar tidak menguning, bisa disisipkan butir penyerap air (silica gel) dan kapur barus dalam rak buku.

5. Hindarkan buku dari air, minyak, debu dan panas matahari langsung atau lampu yang berkekuatan tinggi, nanti bisa bikin Kertasnya akan cepat berjamur, menguning dan cepet robek.

6. Kalau punya rejeki berlebih, akan lebih baik beli buku edisi hardcover (jika ada), biar cover dan isinya tidak cepat rusak.

7. Jangan memfotokopi buku. biasanya kl di FC gitu punggung buku akan ditekan keras-keras, bisa mempersingkat jilidan bku, cepet lepas.

8. Secara rutin buku dibersihkan dari debu dgn menggunakan kemoceng atau kuas kering. Minimal sekali sehari biar gak nimbun debu.

9. Selain kapur barus, untuk menghindari buku dari serangga bisa juga menyisipkan rempah-rempah seperti cengkeh.

10. Untuk posisi terbaik rak buku, jangan di letakkan terlalu rapat dengan dinding untuk mencegah lembab dari dinding menyebar ke buku.

11. Jangan mencampur kumpulan buku dengan barang-barang lainnya, tujuannya agar tidak dimakan rayap. pastikan buku ada di rak khusus.

12. Simpan buku dalam rak di ruangan yang cukup ventilasi, dan pastikan tidak dalam ruangan yang lembab.

13. Rajin-rajinlah mengangkat buku yang lama tidak dibaca untuk mengusir ngengat serta hama serangga lain, jangan lupa dibersihkan.

14. Cepat perbaiki sampul buku bila rusak atau ada yang sobek sedikit, sedikit celah bisa membuat buku menjadi lembab.

15. Dilarang melipat buku atau menandai halaman buku dengan mencorat-coretnya. Cukup selipkan kertas pembatas pada halaman tertentu.


Source: Bentang Pustaka

Tidak ada komentar: